Pengembangan soal evaluasi menggunakan aplikasi web wordwall pada materi hubungan makna dan simbol pancasila di kelas IV / Alfi Nuris Safarina Illiyyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan soal evaluasi menggunakan aplikasi web wordwall pada materi hubungan makna dan simbol pancasila di kelas IV / Alfi Nuris Safarina Illiyyin

Illiyyin, Alfi Nuris Safarina (2022) Pengembangan soal evaluasi menggunakan aplikasi web wordwall pada materi hubungan makna dan simbol pancasila di kelas IV / Alfi Nuris Safarina Illiyyin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil analisis kebutuhan menunjukkan soal evaluasi berbasis teknologi yang dikembangkan guru belum memiliki kualitas yang baik dan hanya terdapat model soal pilihan ganda sehingga siswa kurang tertarik dalam mengerjakan soal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan soal evaluasi menggunakan aplikasi wordwall materi hubungan makna dan simbol Pancasila di kelas IV yang berkualitas baik valid praktis dan menarik. Jenis penelitian ini yaitu Research and Develompent (R amp D) dengan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze design development implementation dan evaluation. Subjek pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SDN Plosokerep 2 Blitar 1 validator ahli materi 1 validiator ahli media dan 1 guru kelas IV SDN Plosokerep 2 sebagai praktisi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan produk layak digunakan dengan hasil analisis butir soal 29% soal dengan kualitas sangat baik 38% soal dengan kualitas baik dan 33% soal dengan kualitas sedang. Hasil validasi ahli materi sebesar 98 4% dan ahli media sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan praktisi sebesar 97 9% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan siswa sebesar 94 1% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kemenarikan siswa sebesar 98 3% dari siswa dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266765

Actions (login required)

View Item View Item