Pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas VA SDN Dinoyo 1 Kota Malang pada masa pandemi covid-19. / Muhammad Khairi Septianor - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas VA SDN Dinoyo 1 Kota Malang pada masa pandemi covid-19. / Muhammad Khairi Septianor

Septianor, Muhammad Khairi (2022) Pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas VA SDN Dinoyo 1 Kota Malang pada masa pandemi covid-19. / Muhammad Khairi Septianor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 memicu banyak perubahan dalam proses belajar mengajar sehingga menyebabkan terjadinya pembelajaran daring. Perubahan ini tatkala juga berpengaruh kepada proses pendidikan karakter siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan dan evaluasi serta hambatannya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran saat masa pandemi COVID-19 di kelas VA SDN Dinoyo 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru kelas VA siswa kelas VA dan kepala sekolah. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2021-31 Agustus 2021. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang dihimpun berupa hasil observasi hasil wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman berupa pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa dengan menggunakan member check dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada masa pandemi terdiri atas perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dibuat sendiri oleh guru dan sudah memperlihatkan pengintegrasian pendidikan karakter. Proses perencanaan dilakukan dengan baik RPP yang dibuat oleh guru sudah memasukkan nilai utama karakter dalam setiap kegiatannya. dalam perihal pelaksanaan guru mengimplementasikannya dengan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan media Google Meet Google Classroom dan Whatsapp. Evaluasi dalam pembelajaran ini menggunakan teknik observasi tes tulis dan hasil produk. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada masa pandemi adalah keterbatasan sarana dan prasarana dan kurang optimalnya penilaian sikap. Berlandaskan hasil penelitian dan simpulan hendaknya sekolah lebih mengoptimalkan pengimplementasian pendidikan karakter khususnya di masa pandemi kemudian untuk guru diharapkan agar lebih maksimal lagi dalam setiap tahapan agar proses pembelajaran khususnya dalam pendidikan karakter bisa lebih baik lagi dan untuk peneliti lain diharapkan bisa mengkaji lebih dalam dan luas tentang implementasi pendidikan karakter di masa pandemi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266749

Actions (login required)

View Item View Item