Pengembangan Mission Book Berbasis Hypermedia untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Tema 4 Subtema 2 / MUHAMAD CANDRA ARI NATA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Mission Book Berbasis Hypermedia untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Tema 4 Subtema 2 / MUHAMAD CANDRA ARI NATA

Nata, Muhamad Candra Ari (2022) Pengembangan Mission Book Berbasis Hypermedia untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Tema 4 Subtema 2 / MUHAMAD CANDRA ARI NATA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman merupakan salah satu tujuan pembelajaran aspek kognitif dalam taksonomi bloom pada tingkatan (C2) memahami. Idealnya siswa kelas III telah mampu memahami materi hak dan kewajiban di sekolah penjumlahan dua bilangan ratusan dan materi lain pada tema 4 subtema 2. Hasil observasi dan wawancara bersama guru kelas III SDN Gedog 3 Blitar dan SDN Sananwetan 1 Blitar menunjukkan adanya permasalahan siswa kurang memahami materi tema 4 Subtema 2. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian tema 4 subtema 2 yang di bawah KKM. Salah satu penyebabnya karena guru tidak menyampaikan pembelajaran secara bervariatif. Sehingga perlu adanya variasi pembelajaran salah satunya melalui media pembelajaran. Media pembelajaran diharapkan dapat memfasilitasi seluruh gaya belajar siswa. Siswa kelas III SD memiliki gaya belajar dominan visual. Sehingga perlu adanya media pembelajaran dengan desain visual yang menarik namun tetap memperhatikan seluruh gaya belajar siswa. Salah satu media yang dapat mengakomodasi seluruh gaya belajar yaitu hypermedia. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media yang valid menurut ahli materi ahli media praktis menurut pengguna dan menarik bagi siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE terdiri dari tahap Analyze Design Develop Implement Evaluate. Data yang digunakan ada 2 yaitu data kuantitatif dari hasil validasi dan kualitatif dari masukan dan saran dari para ahli dan pengguna. Observasi wawancara dan angket merupakan teknik dalam pengumpulan data. Kemudian analisis data diukur menggunakan skala likert untuk menilai kevalidan dan kepraktisan sedangkan skala Guttman untuk mengetahui kemenarikan. Hasil dari penelitian yang telah didapatkan dari ahli materi dan media yaitu 87 5% dan 95 75% degan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Penilaian kepraktisan media dari guru sebagai pengguna sebesar 96 75% dengan kategori sangat praktis. Kemenarikan media yang dinilai oleh siswa mendapat skor sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Selain itu media Mission Book dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan kenaikan nilai dari 53 menjadi 85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan valid menurut para ahli praktis menurut guru menarik bagi siswa dan dapat membantu siswa memahami materi tema 4 subtema 2. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang variatif dalam pembelajaran. Bagi siswa diharapkan dapat belajar menggunakan sumber belajar lain selain buku teks. Bagi peneliti lainnya diharapkan pengembangan media yang berhubungan dengan Mission Book dapat dikembangkan pada materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266748

Actions (login required)

View Item View Item