Pengembangan E-Modul Materi Panca Indra Dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV SDN Pagerwojo 03 Blitar / Sri Maha Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Modul Materi Panca Indra Dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV SDN Pagerwojo 03 Blitar / Sri Maha Dewi

Dewi, Sri Maha (2022) Pengembangan E-Modul Materi Panca Indra Dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV SDN Pagerwojo 03 Blitar / Sri Maha Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul ini dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas IV SDN Pagerwojo 03 yaitu bahan ajar yang digunakan berupa buku tematik dan lks siswa kurang percaya diri dengan hasil jawabannya sendiri saat pembelajaran berlangsung siswa yang memiliki pengetahuan dibawah rata-rata selalu tertinggal dengan teman-temannya yang lain dan materi IPA yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi panca indra. Selain itu pengembangan ini didukung dengan ketertarikan siswa terhadap pengembangan buku elektronik siswa juga telah memiliki smartphone sendiri yang didukung Wifi dan jaringan internet yang bagus. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan e-modul materi panca indra dengan penguatan karakter mandiri kelas IV SDN Pagerwojo 03 yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar guru dan praktis menurut guru serta menarik menurut siswa. Model pengembangan e-modul yang digunakan adalah pendekatan penelitian dan pengembangan R amp D (Research and Development) model ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara angket dan dokumentasi. Analisis instrumen uji validasi untuk ahli materi ahli bahan ajar guru serta instrumen uji kepraktisan menggunakan skala likert. Sedangkan angket kemenarikan oleh siswa menggunakan skala guttman. Teknik analisis data menggunakan persentase yang kemudian hasilnya dikategorisasikan. Hasil pengolahan data menunjukkan hasil validasi produk e-modul mendapat penilaian 95 1 % kategori sangat valid dan keputusan uji sangat baik dapat digunakan. Hasil uji kepraktisan e-modul oleh guru mendapat penilaian 100% sehingga diperoleh kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji kemenarikan produk e-modul oleh siswa mendapat penilaian 86 7% sehingga dapat kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis validasi ahli materi ahli bahan guru serta angket respon siswa menunjukkan bahwa e-modul materi panca indra dengan penguatan karakater mandiri kelas IV SDN Pagerwojo 03 Blitar dinyatakan sangat valid oleh ahli materi ahli bahan ajar guru dan praktis menurut guru serta menarik untuk siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266742

Actions (login required)

View Item View Item