Analisis peran guru terhadap anak lamban belajar kelas III di SDN Rejoagung 3 / Ardana Rizqikha Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peran guru terhadap anak lamban belajar kelas III di SDN Rejoagung 3 / Ardana Rizqikha Ramadhani

Ramadhani, Ardana Rizqikha (2020) Analisis peran guru terhadap anak lamban belajar kelas III di SDN Rejoagung 3 / Ardana Rizqikha Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Rejoang 3 dengan judul peran guru terhadap siswa lamban belajar karena di SDN Rejoagung 3 terdapat beberapa siswa yang mengalami masalah dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran apa saja yang dilakukan guru dalam menangani anak lamban belajar dikelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan guru kelas III sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi tempat penelitian dan permasalahan apa yang ada disekolah setelah menemui permasalahan apa yang ada disekolah peneliti melakukan wawancara kepada subjek penelitian yaitu guru dan siswa kemudia mendokumentasikan setiap wawancara dan hal-hal apa saja yang dilakukan selama masa penelitian. Aspek yang dilihat untuk mengetahui peran apa saja yang diberikan guru terhadap anak lamban belajar meliputi (1) pemahaman guru mengenai siswa lamban belajar (2) Pelaksanaan guru kepada siswa mengenai modifikasi alokasi waktu pembelajaran seperti pemberian jam tambahan diluar kelas kepada anak lamban belajar (3) Pelaksanaan guru kepada siswa mengenai modifikasi alokasi isi atau materi pembelajaran seperti pengurangan materi kepada anak lamban belajar atau penirinan tingkat kesulitan kepada anak lamban belajar (4) Pelaksanaan guru kepada siswa mengenai modifikasi alokasi proses pembelajaran mulai dari review materi sampai memotivasi siswa agar bisa terpacu dalam belajar. Untuk pemahaman guru mengenai siswa lamban belajar guru masih belum memahami sepenuhnya mengenai konsep siswa lamban belajar guru hanya mengetahui sedikit karakteristik atau ciri-ciri yang terdapat pada anak la ban belajar. Pelaksanaan alokasi waktu juga belum dilakukan karena guru masih belum memberikan tambahan waktu belajar diluar jam pelajaran kepada siswa. Pelaksanaan isi atau materi pembelajaran guru tidak memberikan keringanan atau pengurangan materi terhadap anak lamban belajar guru tidak menurunkan tingkat kesulitan soal dikarenakan siswa lamban belajar bisa hanya saja diberikan waktu sedikit lebih lama dalam mengerjakan. Untuk pelaksanaan proses pembelajaran dari review sampai dengan memotivasi siswa masih ada beberapa yang belum diterapkan dalam proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266736

Actions (login required)

View Item View Item