Analisis pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang / Dela Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang / Dela Diana

Diana, Dela (2022) Analisis pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang / Dela Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran IPA jenis media pembelajaran yang digunakan kendala yang dihadapi guru serta upaya dalam menghadapi kendala dalam pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas satu sampai kelas enam. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu tahap reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis media pembelajaran IPA yang digunakan guru adalah media lingkungan alam media visual media audio visual media objek fisik dan multimedia (2) pemanfaatan media pembelajaran IPA di SDN Polehan 5 Malang masih rendah empat dari enam guru masih belum menggunakan media pembelajaran IPA ketika mengajar (3) kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran IPA yaitu keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah dan keterbatasan kemampuan yang dimiliki guru (4) upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kemampuan guru dengan belajar bersama rekan kerja mengikuti pelatihan penggunaan media pembelajaran dari dinas kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266735

Actions (login required)

View Item View Item