Perbedaan pengaruh model guided discovery learning (GDL) dan model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan menganalisis siswa Kelas V pada muatan IPA tema 6 / Irma Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pengaruh model guided discovery learning (GDL) dan model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan menganalisis siswa Kelas V pada muatan IPA tema 6 / Irma Yunita

Yunita, Irma (2022) Perbedaan pengaruh model guided discovery learning (GDL) dan model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan menganalisis siswa Kelas V pada muatan IPA tema 6 / Irma Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA haruslah memunculkan proses sains dan menuntut siswa untuk dapat menganalisis namun hal ini tidak terjadi di SDN Wlingi 02 karena pembelajaran menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model Guided Discovery Learning (GDL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menganalisis pada siswa kelas V di muatan IPA Tema 6. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan non-quivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa kelas VB SDN Wlingi 02 sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. Hasil uji-t berpasangan memperoleh nilai signifikansi 000 lt 0 05 yang berarti model GDL berbantuan benda konkret memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kemampuan menganalisis pada siswa kelas V di muatan IPA Tema 6. Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model GDL dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model CTL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266734

Actions (login required)

View Item View Item