Pengaruh model pembelajaran tgt (teams games tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan IPS di Kelas 4 SDN 1 Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Cici Meliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran tgt (teams games tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan IPS di Kelas 4 SDN 1 Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Cici Meliana

Meliana, Cici (2022) Pengaruh model pembelajaran tgt (teams games tournament) terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan IPS di Kelas 4 SDN 1 Slamparejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang / Cici Meliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran TGT terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan IPS di kelas 4 SDN 1 Slamparejo. Rancangan penelitian pada pendekatan ini kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen tipe One-group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini yaitu dari signifikansinya 0 000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran TGT terhadap keaktifan belajar siswa pada muatan IPS di kelas 4 SDN 1 Slamparejo. Berdasarkan uji N-Gain juga dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan skor sesudah siswa diberikan treatment. Jadi dapat disimpulkan bahwa setelah siswa diberikan treatment keaktifan belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266732

Actions (login required)

View Item View Item