Pengembangan buku suplemen berbasis cooperative integrated reading and composition (circ) materi peristiwa dalam kehidupan dengan penguatan karakter gemar membaca kelas v SDN 1 Nglebo / Yoppy Maharani Salekhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku suplemen berbasis cooperative integrated reading and composition (circ) materi peristiwa dalam kehidupan dengan penguatan karakter gemar membaca kelas v SDN 1 Nglebo / Yoppy Maharani Salekhah

Salekhah, Yoppy Maharani (2022) Pengembangan buku suplemen berbasis cooperative integrated reading and composition (circ) materi peristiwa dalam kehidupan dengan penguatan karakter gemar membaca kelas v SDN 1 Nglebo / Yoppy Maharani Salekhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejarah adalah cerita tentang peristiwa masa lampau yang benar-benar terjadi bahwa sebuah peristiwa yang terjadi dan benar-benar terjadi di masa lampau (Hugiono dkk 1991 1). Secara rinci dalam Peraturan Menteri Pendidikan No. 22/2006 dijelaskan mengenai tujuan pembelajaran sejarah yaitu untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta membentuk manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Pada umumnya orang berpendapat bahwa materi sejarah adalah materi yang tidak penting tidak menarik dan tingkat minat kecenderungan membaca masih kurang terutama anak-anak. Pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia sangat erat hubungannya dengan membaca. Karena dibutuhkan teknik khusus agar bias memahami pembelajaran IPS dan Bahasa Indonesia. Pendidikan IPS dan Bahasa Indonesia di sekolah dasar sangatlah penting karena peserta didik mampu untuk memahami materi dan konsep-konsep sosial serta bisa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tetapi pada kenyataannya jika dikaitkan masih banyak peserta didik yang tidak paham akan Pendidikan IPS dan Bahasa Indonesia khususnya materi sejarah dan menggali informasi penting dalam teks narasi sejarah. Sehingga tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan Buku Suplemen berbasis CIRC pada materi peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD dengan penguatan karakter gemar membaca (2) menghasilkan Buku Suplemen berbasis CIRC pada materi peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD yang menarik menurut peserta didik. Hal ini didasarkan pada hasil wawancara dengan guru kelas V yang menjelaskan bahwa materi sejarah tidak dianggap penting bagi peserta didik dan cenderung tidak mau memahami lebih dalam. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut dijelaskan antara lain pembelajaran tersebut hanya menggunakan buku tematik yang ada di sekolah sehingga informasi yang didapatkan peserta didik terbatas. Hasil wawancara dengan guru juga menyebutkan bahwa minat baca peserta didik masih kurang. Penelitian dan pengembangan Buku Suplemen ini dirancang dengan menggunakan model ADDIE memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada ahli materi ahli media dan guru kelas V sebagai pengguna. Berdasarkan hasil validasi ahli materi produk memperoleh persentase kelayakan 84 72% dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil validasi ahli media produk memperoleh persentase kelayakan 81 25%. Berdasarkan hasil validasi ahli pengguna atau guru kelas V produk memperoleh persentase kelayakan 4 03 % dengan dengan kategori valid. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis CIRC dengan penguatan karakter gemar membaca pada materi peristiwa dalam kehidupan kelas V termasuk dalam kategori valid menurut validator dan praktis menurut siswa sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu pengembangan lebih lanjut terhadap media pembelajaran buku suplemen berbasis CIRC perlu dilakukan dengan cakupan lebih luas dan materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266717

Actions (login required)

View Item View Item