Pengembangan media game "explore fraction" materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut beda kelas v SD / Natasya Syifaul Isti'anah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game "explore fraction" materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut beda kelas v SD / Natasya Syifaul Isti'anah

Isti'anah, Natasya Syifaul (2022) Pengembangan media game "explore fraction" materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut beda kelas v SD / Natasya Syifaul Isti'anah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media game"Explore Fraction" yang valid menurut ahli media dan materi serta praktis menurut pengguna (guru dan peserta didik). Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil pengembangan berupa media game "Explore Fraction" yang digunakan untuk melatih kemampuan berhitung peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut beda. Pada media game "Explore Fraction" terdapat beberapa menu yaitu menu Kompetesi Dasar (KD) petunjuk ayo belajar dan play. Pada menu "Ayo Belajar" terdapat pengantar materi dan pada menu "Play" terdapat 3 level yang terdiri dari soal yang bervariasi pada setiap levelnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media game ldquo Explore Fraction rdquo berupa game online yang dapat diakses dengan menggunakan smartphone laptop maupun komputer. Pada game ini dilengkapi video materi dan soal yang bervariasi mulai dari yang medium sampai yang level tinggi. Hasil validasi produk game "Explore Fraction" pada ahli media dan ahli materi memperoleh persentase 94 9% dan 81 9% yang tergolong sangat valid dan dapat digunakan. Uji kepraktisan guru mendapatkan persentase sebesar 97% yang tergolong sangat praktis. Uji coba skala kecil dan skala besar mendapatkan persentase 98 1% dan 98 6% yang tergolong sangat praktis. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kepraktisan tersebut terlihat bahwa media game " Explore Fraction" valid dan praktis sehingga dapat dimanfaatkan pada proses pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266712

Actions (login required)

View Item View Item