Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kontekstual dengan berbantuan video pembelajaran pada materi luas bangun datar di kelas iv SD Negeri Lesanpuro 01 Kota Malang / Siska Miyah Savira - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kontekstual dengan berbantuan video pembelajaran pada materi luas bangun datar di kelas iv SD Negeri Lesanpuro 01 Kota Malang / Siska Miyah Savira

Savira, Siska Miyah (2022) Peningkatan hasil belajar matematika melalui model kontekstual dengan berbantuan video pembelajaran pada materi luas bangun datar di kelas iv SD Negeri Lesanpuro 01 Kota Malang / Siska Miyah Savira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan model dalam pembelajaran yang kurang sesuai dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kontekstual berbantuan video pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi luas bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan proses belajar yang dilaksanakan guru dan siswa. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada pra tindakan mencapai 47 3 dengan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal hanya 29 63% dan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71 15 pada siklus I dengan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 62 96%. Nilai rata-rata kelas meningkat kembali menjadi 82 56 pada siklus II dengan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 88 89%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model kontekstual berbantuan video pembelajaran pada materi luas bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266708

Actions (login required)

View Item View Item