Analisis penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa Kelas 4 SD tema 7 "indahnya keragaman Negeriku" edisi revisi tahun 2017 / Rianda Asrul Rohmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa Kelas 4 SD tema 7 "indahnya keragaman Negeriku" edisi revisi tahun 2017 / Rianda Asrul Rohmat

Rohmat, Rianda Asrul (2022) Analisis penerapan pendekatan saintifik pada buku siswa Kelas 4 SD tema 7 "indahnya keragaman Negeriku" edisi revisi tahun 2017 / Rianda Asrul Rohmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini buku tematik SD selalu mengadakan pembaruan berupa revisi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017 buku siswa mengeluarkan revisi terbaru berupa perubahan judul tema dan kajian materi tetapi tidak untuk buku tematik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pendekatan saintifik dengan buku tematik yang digunakan sebagai sumber pembelajaran dalam penerapan Kurikulum 2013. Buku yang akan diteliti buku kelas 4 tema 7 indahnya keberagaman negeriku revisi 2017. Analisis yang dilakukan adalah kesesuaian buku tematik dengan pendekatan ilmiah terhadap kurikulum 2013 yaitu 5M (mengamati menanya mencoba bernalar dan berkomunikasi). Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis desain analisis konten. Analisis konten adalah penelitian yang menggunakan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang valid dari sebuah buku atau dokumen. Analisis data yang dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengunakan satu metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mengamati terfokus pada pengamatan yang dilakukan oleh indera penglihatan sehingga masih terdapat keterbatasan informasi dan wawasan yang diperoleh melalui kegiatan pengamatan. kegiatan menjawab pertanyaan hanya dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami teks akan tetapi keterampilan membuat pertanyaan masih belum teridentifikasi. Kegiatan menalar yang sering mucul berdiskusi. untuk yang paling sedikit Membaca sumber lain selain buku teks dan memodifikasi / menambahi / mengembangkan.. Kegiatan menalar pada buku teks difukuskan pada kegiatan berdiskusi secara kelompok dengan menghasilkan suatu produk baik tulisan video presentasi portofolio dan produk lain. Keterampilan menyampaikan dan menyajikan hasil data yang diperoleh dalam bentuk suara visual dan suara visual. Untuk kegiatan pembelajaran mengkomunikasikan paling sedikit menyajikan laporan dalam bentuk bagan diagram atau grafik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2023 07:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266699

Actions (login required)

View Item View Item