Analisis kesalahan siswa Kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita hots berdasarkan teori newman / Firda Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa Kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita hots berdasarkan teori newman / Firda Nur Azizah

Azizah, Firda Nur (2022) Analisis kesalahan siswa Kelas IV dalam menyelesaikan soal cerita hots berdasarkan teori newman / Firda Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas IV berdasarkan teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita HOTS bangun datar di SDN Bandarkedungmulyo 1. Penelitian ini merupakan penelitian campuran. Pada penelitian kuantitatif seluruh jumlah populasi yaitu 23 siswa dijadikan sebagai subjek sedangkan subjek penelitian kualitatif adalah 6 siswa yang dipilih atas dasar kategori kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes tertulis wawancara dan dokumentasi. Ditemukan adanya kesalahan ketika mengerjakan soal cerita tipe HOTS materi bangun datar. Kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan analisis kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca sebesar 22 % kesalahan pemahaman sebesar 31% kesalahan transformasi sebesar 47% kesalahan proses sebesar 50% dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 54%. faktor penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya adalah siswa terlalu cepat ketika membaca dan memahami soal siswa kurang teliti dan tergesa-gesa dalam menuliskan informasi penting dari soal siswa kurang hati-hati siswa bingung dalam membuat model matematika dari soal kesulitan mengoperasikan hitungan perkalian lupa dan belum terbiasa menuliskan satuan dan menyimpulkan jawaban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266693

Actions (login required)

View Item View Item