Analisis penggunaan tanda baca dan ejaan pada cerita narasi berdasarkan komik Siswa Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nanda Risyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan tanda baca dan ejaan pada cerita narasi berdasarkan komik Siswa Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nanda Risyadi

Risyadi, Nanda (2020) Analisis penggunaan tanda baca dan ejaan pada cerita narasi berdasarkan komik Siswa Kelas V SD Gugus 7 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nanda Risyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari masih kurangnya penerapan tanda baca dan ejaan yang baik dan benar oleh peserta didik khususnya pada jenjang kelas tinggi (Kelas V) yang nampak ketika peneliti melakukan observasi awal yakni banyak peserta didik kurang menerapkan tanda baca dan ejaan yang tepat saat membuat cerita narasi. Tujuan Penelitian ini yakni melihat tingkat ketepatan penggunaan tanda baca dan ejaan karya narasi berdasarkan cerita komik pada kelas V SD sehingga peneliti lain atau peneliti yang hendak membuat penelitian sejenis mampu menjadikan bahan penelitian ini untuk dapat dikembangkan kembali. Tingkat pemahaman dan penerapan yang terlihat kurang pada saat peneliti melakukan observasi awal inilah yang dianalisis peneliti dalam penelitian ini terutama pada karya narasi berdasarkan cerita komik. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dan analisis data menggunakan persentase untuk pengolahan data sampel penelitiannya. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yakni sejumlah 30% dari populasi yakni diambil 61 dari 204 siswa secara keseluruhan. Penggunaan tanda baca yang dominan mengalami kesalahan yaitu penggunaan tanda titik (TBT4) sebesar 59% apabila dibandingkan dengan seluruh kesalahan tanda baca dan fclpenggunaan ejaan pada aspek penulisan prefiks (E4) sebesar 34% dari seluruh kesalahan ejaan Sehingga jika diakumulasikan secara keseluruhan tanda baca mengalami kesalahan sebesar 12% dari seluruh tanda baca yang dibuat dan ejaan mengalamai kesalahan 4% dari seluruh ejaan yang dibuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266689

Actions (login required)

View Item View Item