Penggunaan model SQ3R berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Nur Liya Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model SQ3R berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Nur Liya Arini

Arini, Nur Liya (2022) Penggunaan model SQ3R berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kota Malang / Nur Liya Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model SQ3R berbantuan peta konsep. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan Mc Taggart dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas IV dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah persentase klasikal pada pra tindakan hanya 63% dengan rata-rata kelas mencapai 77 dan meningkat pada siklus I nilai rata-rata menjadi 82 dengan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 81%. Nilai rata-rata kelas meningkat kembali pada siklus II menjadi 88 dengan jumlah persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SQ3R berbantuan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266675

Actions (login required)

View Item View Item