Pengembangan aplikasi e-modul pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa Kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Alda Dwi Martyasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi e-modul pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa Kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Alda Dwi Martyasari

Martyasari, Alda Dwi (2022) Pengembangan aplikasi e-modul pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa Kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar / Alda Dwi Martyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahan ajar sangat diperlukan. Di kelas IV SDN Sentul 2 Kota Blitar masih menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar utama. Ketika pembelajaran siswa masih kurang aktif karena materi dan latihan soal yang disajikan pengemasannya kurang menarik. Siswa sulit memahmi materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang menarik dan berbasis teknologi untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul pada materi bentuk dan fungsi bagian-bagian tumbuhan yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta menarik menurut siswa. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE dengan lima langkah yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi angket dan dokumentasi. Angket validasi dianalisis dengan skala Likert dan angket respon siswa dengan skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Hasil validasi oleh ahli materi 80 20% ahli bahan ajar 93 03% dan guru 94 16%. Rata-rata skor validasi adalah 89 02% termasuk dalam kategori sangat valid sehingga sangat baik untuk digunakan. Sedangkan hasil kemenarikan produk pada uji coba kelompok kecil 88 88% pada uji coba kelompok besar 96 66%. Skor kemenarikan produk memperoleh rata-rata 92 35% termasuk dalam kategori sangat menarik sehingga dapat digunakan tanpa revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan aplikasi e-modul pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu yang sangat valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta sangat menarik menurut siswa. Sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266674

Actions (login required)

View Item View Item