Pengembangan media e-Flash Card dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa KIelas V SDN Tanggung 2 pada materi Organ Gerak Manusia / Ganis Kurnia Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media e-Flash Card dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa KIelas V SDN Tanggung 2 pada materi Organ Gerak Manusia / Ganis Kurnia Fitri

Fitri, Ganis Kurnia (2022) Pengembangan media e-Flash Card dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa KIelas V SDN Tanggung 2 pada materi Organ Gerak Manusia / Ganis Kurnia Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Smartphone merupakan alat komunikasi yang dapat dikatakan canggih dan hampir dimiliki oleh semua orang termasuk anak-anak sebagai bentuk fasilitas pendukung belajar yang diberikan oleh orang tua. Melalui smartphone segala bentuk aktivitas dapat dilakukan seperti telekomunikasi berkirim pesan berfoto bahkan dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Masalah yang ditemukan pada siswa kelas V SDN Tanggung 2 yaitu (1) Pemanfaatan smartphone pada siswa yang masih terbatas pada penggunaan google form dan akses vidio link youtube dari guru (2) Penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal karena keterbatasan waktu (3) siswa merasa kesulitan memahami materi organ gerak manusia (4) siswa merasa jenuh dan pembelajaran menjadi pasif. Maka dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media E-Flash card dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V SDN Tanggung 2 pada materi organ gerak manusia yang valid praktis dan menarik. Penelitian dan pengembangan menggunakan model 4D (Define Design Development Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagaraja (dalam Sugiyono 2019 765) yang didalamnya terdapat beberapa tahapan dalam setiap tahapannya. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai kevalidan menurut ahli materi sebesar 95% ahli media sebesar 95% dan pengguna (guru) sebesar 93 75% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan menurut pengguna (guru) sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan pada uji produk skala kecil sebesar 96% dan siswa pada uji coba produk skala besar 97 5% dengan kateori sangat menarik. Disimpulkan bahwa media E-Flash card dengan penguatan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V SDN Tanggung 2 Pada Materi Organ Gerak Manusia sangat valid menurut ahli materi dan ahli media pengguna (guru) sangat praktis menurut guru dan sangat menarik menurut siswa. Sehingga produk dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266669

Actions (login required)

View Item View Item