Pengembangan media game edukasi "APAN" (alat pernapasan manusia) dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas V Sekolah Dasar / Puput Dwi Sulani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game edukasi "APAN" (alat pernapasan manusia) dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas V Sekolah Dasar / Puput Dwi Sulani

Sulani, Puput Dwi (2022) Pengembangan media game edukasi "APAN" (alat pernapasan manusia) dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas V Sekolah Dasar / Puput Dwi Sulani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk yaitu berupa media game edukasi “ APAN “ (Alat Pernapasan Manusia) yang valid menurut ahli media ahli materi pengguna atau guru praktis menurut guru dan menarik bagi siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat diyakini mampu meningkatkan efektifitas proses pembelajaran dan dapat menguatkan karakter mandiri salah satunya adalah media game edukasi karena sesuai dengan keadaan siswa. Game edukasi APAN disajikan dalam bentuk aplikasi yang terdapat berbagai gambar menarik back sound serta karakter pada game. Selanjutnya sasaran uji coba dilakukan pada 27 siswa kelas V SDN Pakundnen 1 Kota Blitar. Model pengembangan media game edukasi “ APAN “ ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan R amp D (Research and Development) menurut Borg and Gall. Sumber data penelitian ini diperoleh dari guru siswa ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan produk pengembangan dinyatakan sangat valid oleh ahli media dengan skor 91 7% ahli materi dengan skor 90% dan menurut pengguna dengan skor 87 5%. Selain itu produk juga dinyatakan sangat praktis menurut guru dan sangat menarik bagi siswa dengan skor 100%. Berdasarkan pemaparan diatas dapat diketahui bahwa penelitian ini menghasilkan produk game edukasi “ APAN “ pada materi alat pernapasan manusia dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V SD yang valid menurut ahli materi media dan guru sangat praktis dan sangat menarik bagi siswa sehingga produk game edukasi “ APAN “ yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan ketika menggunakan game edukasi APAN pengguna hendaknya berada di lokasi dengan jaringan internet yang stabil serta penggunaan game dibagikan melalui link selanjutnya perlu dikembangkan kembali jenis type android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2023 07:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266665

Actions (login required)

View Item View Item