Penerapan aspek 4C's dalam pembelajaran Kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 di SDN Bunulrejo 6 Kota Malang / Fatimah Octavia Firanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan aspek 4C's dalam pembelajaran Kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 di SDN Bunulrejo 6 Kota Malang / Fatimah Octavia Firanda

Firanda, Fatimah Octavia (2022) Penerapan aspek 4C's dalam pembelajaran Kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 di SDN Bunulrejo 6 Kota Malang / Fatimah Octavia Firanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran selama ini menitikberatkan pada kadar berpikir LOTS. Siswa hanya mengimitasikan meniru mengulang sehingga kemampuan berpikir kritisnya tidak terasa. Maka dari itu siswa perlu dibekali keterampilan belajar yang menerapkan cara berpikir HOTS sesuai dengan pendidikan abad 21 yang dikenal dengan istilah 4C rsquo s. Keterampilan ini harus dimiliki oleh peserta didik sebagai ciri dari pembelajaran abad 21 dan dalam kategori lain di kadarkan sesuai dengan kadar HOTS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan aspek 4C rsquo s dalam pembelajaran meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kelas IV Tema 9 Subtema 3 di Sekolah Dasar Bunulrejo 6 Malang. Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukannya semua aspek 4C rsquo s baik dalam perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi namun tidak semua indikator 4C rsquo s diterapkan dalam pembelajaran. Indikator 4C rsquo s yang muncul pada pelaksanaan pembelajaran lebih banyak dibandingkan pada perencanaan pembelajaran karena dalam pelaksanaan pembelajaran guru mengembangkan kegiatan pembelajaran yang ada pada RPP. Pada evaluasi proses guru memiliki indikator penilaian sendiri terkait aspek 4C rsquo s. Aspek critical thinking pada evaluasi hasil menggunakan KKO pada Taksonomi Bloom dan level kognitif yang lebih sering muncul pada soal yaitu C4. Indikator aspek creativity communication dan collaboration yang muncul pada RPP dan pelaksanaan pembelajaran juga muncul pada evaluasi hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 06:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266662

Actions (login required)

View Item View Item