Irjayanti, Rifka (2022) Perbedaan pengaruh model pembelajaran role playing dan Problem Based Learning (PBL) pada muatan PPKN terhadap hasil belajar Kelas IV SDN Sananwetan 1 / Rifka Irjayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran role playing dan Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kelas IV SD. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis yaitu hipotesis 1 dengan Ha terdapat pengaruh positif penggunaan model role playing dan H0 tidak terdapat pengaruh positif penggunaan model role playing hipotesis 2 dengan Ha terdapat pengaruh positif penggunaan model PBL dan H0 tidak terdapat pengaruh positif penggunaan model PBL dan hipotesis 3 dengan Ha model role playing lebih unggul daripada model PBL dan H0 model role playing sama dengan model PBL. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi yang diteliti yaitu semua siswa kelas IV SDN Sananwetan 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji non parametrik dengan software SPSS. Hasil penelitian pada masing-masing hipotesis yaitu hipotesis 1 menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif penggunaan model role playing hipotesis 2 menunjukkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh positif penggunaan model PBL dan hipotesis 3 menunjukkan bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan model role playing sama dengan model PBL artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan model role playing dengan model PBL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266661 |
Actions (login required)
View Item |