Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi articulate storyline 3 pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam kelas iv sekolah dasar / Agung Indra Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi articulate storyline 3 pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam kelas iv sekolah dasar / Agung Indra Setiawan

Setiawan, Agung Indra (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi articulate storyline 3 pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam kelas iv sekolah dasar / Agung Indra Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3 dilaksanakan di kelas IV SDN Pakunden 1 Kota Blitar dan di SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 4 menunjukkan adanya permasalahan yaitu sebagai berikut (a) kurang bervariasinya media yang digunakan guru dalam mengajar materi IPS (b) materi pada karakteristik ruang luas dan pemanfaatan sumber daya alam luas abstrak bahasan dalam buku siswa kurang mendalam (c) pembelajaran dirasa guru dan siswa kurang interaktif dan menyenangkan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya media pembelajaran sebagai pelengkap buku siswa pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang interaktif dan praktis. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam agar dapat dijadikan alternatif solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan praktis menurut siswa. Model penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara angket validasi dan dokumentasi. Data dari hasil validasi ahli dan uji coba produk dianalisis dan diukur menggunakan skala likert untuk menilai kevalidan dan skala guttman digunakan untuk mengetahui kepraktisan. Berdasarkan uji kevalidan secara berurutan diperoleh hasil validasi materi sebesar 93 75% validasi media sebesar 87 5% dan validasi pengguna atau guru mendapatkan rata-rata sebesar 95 31% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk kepraktisan produk diperoleh berdasarkan dari hasil uji coba satu-satu oleh siswa sebesar 100% hasil uji coba skala kecil sebesar 97 22% dan hasil uji coba lapangan sebesar 100% dengan hasil kategori sangat praktis. Simpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang dikembangkan sangat valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan sangat praktis menurut siswa. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Articulate Storyline 3 pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266658

Actions (login required)

View Item View Item