Pengembangan multimedia interaktif berbantuan articulate storyline 3 materi asean dengan penguatan karakter mandiri untuk peserta didik Kelas 6 Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung / Lilik Ike Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbantuan articulate storyline 3 materi asean dengan penguatan karakter mandiri untuk peserta didik Kelas 6 Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung / Lilik Ike Puji Rahayu

Rahayu, Lilik Ike Puji (2022) Pengembangan multimedia interaktif berbantuan articulate storyline 3 materi asean dengan penguatan karakter mandiri untuk peserta didik Kelas 6 Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung / Lilik Ike Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan didasarkan pada hasil wawancara dengan guru kelas 6 SDN 1 Gombang SDN 2 Gombang dan SDN 2 Sambitan yaitu peserta didik kelas 6 mengalami kesulitan dalam memahami materi ASEAN dan media pembelajaran materi ASEAN di kelas 6 hanya berupa buku Atlas peta kawasan Asia Tenggara kliping bendera negara ASEAN dan globe. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbantuan articulate storyline 3 materi ASEAN dengan penguatan karakter mandiri yang valid menurut ahli materi dan ahli media praktis menurut praktisi dan peserta didik dan menarik menurut peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan jenis model penelitian dan pengembangan APPED yang memiliki 5 tahapan yaitu (1)analisis dan penelitian awal (2)perancangan (3)produksi (4)evaluasi dan (5)diseminasi. Lokasi uji coba kecil penelitian dan pengembangan ini yaitu di kelas 6 SDN 2 Gombang yang berjumlah 6 peserta didik. Sedangkan uji coba skala besar dilaksanakan di kelas 6 SDN 2 Sambitan yang berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan skala likert dan skala guttman sedangkan analisis data kualitatif menggunakan analisis deskriptif dari saran dan masukan validator praktisi dan peserta didik. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 92 86% (sangat valid) dan validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 83 33% (cukup valid). Tingkat kepraktisan produk menurut praktisi (guru kelas 6) sebesar 93 75% (sangat praktis). Hasil kepraktisan produk menurut peserta didik kelas 6 memperoleh rata-rata sebesar 95 68% (sangat praktis) dan hasil kemenarikan produk menurut peserta didik kelas 6 memperoleh rata-rata sebesar 96 34% (sangat menarik). Selain itu diperoleh rata-rata sebesar 89 95% pada penguatan karakter mandiri. Kesimpulan yang didapat yaitu multimedia interaktif materi ASEAN dinyatakan sangat valid menurut ahli materi cukup valid menurut ahli media sangat praktis menurut praktisi dan peserta didik sangat menarik menurut peserta didik dan dapat menstimulus karakter mandiri peserta didik kelas 6. Saran pemanfaatan produk multimedia interaktif harus terkoneksi dengan internet dan saran pengembangan lebih lanjut yaitu mengembangkan produk multimedia interaktif yang berisi materi selain ASEAN dan disertai penguatan karakter selain karakter mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266655

Actions (login required)

View Item View Item