Penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan di Kelas IV SD / Maria Shalvahana Mutiara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan di Kelas IV SD / Maria Shalvahana Mutiara

Mutiara, Maria Shalvahana (2022) Penggunaan model contextual teaching and learning berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan di Kelas IV SD / Maria Shalvahana Mutiara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna memperoleh suatu informasi terkait perbedaan hasil belajar yang siswa kelas eksperimen dapatkan sebelum dan sesudah melakukan penerapan terhadap model CTL berbantuan media realia dan siswa pada kelas kontrol sebelum dan sesudah mendapatkan penerapan model konvensional serta guna mengetahui perbedaan hasil belajar sesudah menerapkan model CTL berbantuan media realia dan model konvensional pada materi pecahan di kelas IV SD. Penelitian ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif melalui penerapan terhadap metode eksperimen model Quasi Experimental dan desain Nonequivalent Control Group Design. Kelas IV Sultan Agung dan Kelas IV Sultan Hasanudin SDN Kepanjenlor 2 Blitar adalah sampel penelitian. Kelas dipisahkan ke dalam dua kelas yakni kelas eksperimen memperoleh perlakuan dengan menerapkan model CTL dengan bantuan media realia dan kelas kontrol dengan penerapan model konvensional. Nilai pretest dan posttest pada kedua kelas adalah data yang dianalisis. SPSS 22 for Windows digunakan untuk membantu menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bawa rerata posttest kelas eksperimen ialah 53 6 melebihi kelas kontrol yang memiliki nilai 29 92. Hasil yang diperoleh melalui penganalisian terhadap data dari kedua kelas dikatakan normal dan homogen. Hasil yang diperoleh pada uji Wilcoxon pada kelas eksperimen sejumlah 0 000 lt 0 05 memperlihatkan dijumpainya perbedaan hasil sebelum dan setelah perlakuan menggunakan N Gain Score 0 3619. Hasil uji Wilcoxon kelas kontrol sejumlah 0 079 gt 0 05 memperlihatkan tidak dijumpainya perbedaan sebelum dan setelah perlakuan dengan N Gain Score 0 0661. Uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikan 0 001 lt 0 05 memperlihatkan bahwa hasil belajar melalui penerapan model CTL berbantuan media realia berbeda dari model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266653

Actions (login required)

View Item View Item