Pengembangan media pembelajaran whiteboard menggunakan explee animation pada muatan PKN materi hak dan kewajiban untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rizki Indra Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran whiteboard menggunakan explee animation pada muatan PKN materi hak dan kewajiban untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rizki Indra Hidayat

Hidayat, Rizki Indra (2022) Pengembangan media pembelajaran whiteboard menggunakan explee animation pada muatan PKN materi hak dan kewajiban untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar / Rizki Indra Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Rizki Indra. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Menggunakan Explee Animation Pada Muatan PKn Materi Hak dan Kewajiban Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. Kata Kunci Whiteboard Explee Animation Hak dan Kewajiban Beragamnya permasalahan yang ditemukan pada SDN Pakunden 1 SDN Kepanjenlor 2 dan SDN Tanggung 1 membuat pembelajaran yang dilaksanakan tidak berjalan maksimal. Kendala yang dialami oleh ketiga SD tersebut yaitu kurang beragamnya media yang digunakan dimana SD tersebut masih belum memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal terutama media pembelajaran yang berbasis IT. Kasusnya yaitu guru hanya mengandalkan buku paket yang menjadi pegangan siswa sehingga siswa kurang memahami materi terutama pada muatan PKn yang tidak terfokus pada pemahaman materi saja melainkan pemahaman konsep untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari permasalahan yang ada maka peneliti mengembangkan media pembelajaran whiteboard menggunakan explee animation yang valid menurut ahli media ahli materi dan pengguna (guru) serta praktis menarik dan bermanfaat bagi siswa. Penelitian dan Pengembangan media whiteboard dilaksanakan dengan tahapan penelitian dan pengembangan dari model ADDIE yang diadaptasi dari Rayanto amp Sugiyanti (2020) dengan lima tahapan meliputi Analysis (Analisis) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil perolehan data kuantitatif dari kevalidan menurut ahli materi sebesar 93 75% (sangat valid) ahli media sebesar 93 75% (sangat valid) pengguna (guru) 1 sebesar 90% dan pengguna (guru) 2 sebesar 95% dengan hasil persentase dari validasi pengguna sebesar 92 5% (sangat valid). Selanjutnya untuk kepraktisan kemenarikan dan kemanfaatan media diujikan melalui uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 97 00% sedangkan untuk uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 99 23%. Dengan keputusan dari uji kepraktisan kepraktisan dan kemanfaatan media whiteboard animation dapat dikatakan sangat praktis sangat menarik dan bermanfaat bagi siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media whiteboard menggunakan explee animation dapat dikatakan sangat valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru) serta sangat praktis menurut siswa sangat menarik menurut siswa dan produk bermanfaat untuk siswa sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya whiteboard dapat ditepakan pada lingkup yang lebih luas bukan hanya pada satu kelas atau satu tingkatan melainkan pada kelas dengan tingkatan yang berbeda dan diterapkan pada sekolah lain dengan kondisi serta karakteristik siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266652

Actions (login required)

View Item View Item