Pengembangan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem repirasi di SMAN 1 Purwosari / Mareta Arisswara Edy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem repirasi di SMAN 1 Purwosari / Mareta Arisswara Edy

Edy, Mareta Arisswara (2015) Pengembangan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem repirasi di SMAN 1 Purwosari / Mareta Arisswara Edy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Edy M.A. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Respirasi Di SMAN 1 Purwosari. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata kunci multimedia interaktif pembelajaran berdasarkan masalah hasil belajar Berdasarkan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 model pembelajaran yang diutamakan dalam pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah. Pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari kemam puan memecahkan masalah dan keterampilan menerapkan konsep. Dalam pembelajaran berdasarkan masalah guru berperan sebagai fasilitator sementara pusat pembelajaran yaitu siswa. Penggunaan multimedia interaktif dapat mendukung peran guru sebagai fasilitator. Multimedia interaktif berbasis komputer memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret sehingga siswa dapat belajar meliputi beberapa aspek yaitu visual auditori somatik dan intelektual. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan juga bertujuan untuk mengetahui validitas kepraktisan dan keefektifan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah dalam meningkatkan hasil belajar. Pengembangan multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah ini mengadaptasi model Borg and Gall (1983) yang terdiri dari sepuluh tahap. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan ketujuh yaitu revisi produk operasional. Produk multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah divalidasi dengan instrumen berupa lembar validasi dalam bentuk angket. Multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah diujicobakan pada 37 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Purwosari untuk mengetahui kepraktisan dengan menggunakan instrumen berupa angket respons siswa dan keefektifan terhadap peningkatan hasil belajar dengan menggunakan soal tes. Analisis data untuk validitas kepraktisan dan keefektifan menggunakan persentase. Produk multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah berisi halaman awal (kurikulum menu materi petunjuk dan pengembang) dan menu materi (motivasi fenomena materi dan latihan). Produk multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah divalidasi oleh ahli materi ahli media ahli pendidikan dan praktisi lapangan dengan aspek yang dinilai menggunakan skala Likert kemudian dianalisis dan diperoleh tingkat pencapaian rerata validitas media sebesar 97 81% dengan kriteria sangat valid rerata tingkat validitas materi sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan rerata tingkat validitas RPP dan silabus sebesar 97 67% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan rerata tingkat kepraktisan media sebesar 99 09% dengan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan terhadap hasil belajar siswa menunjukkan tingkat pencapaian rerata hasil belajar siswa sebesar 86 68 % dengan kriteria sangat efektif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa multimedia interaktif dengan pembelajaran berdasarkan masalah layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Pengembangan multimedia interaktif yang selanjutnya perlu memperhatikan beberapa saran (a) penelitian pengembangan selanjutnya dikembangkan pada materi yang lebih luas (b) pengembangan multimedia interaktif selanjutnya dapat dikembangkan dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan (c) pengembangan lebih lanjut dapat menggunakan software terbaru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26665

Actions (login required)

View Item View Item