Pengembangan e-modul materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri pada Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar / Imroatus Savira Ardianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri pada Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar / Imroatus Savira Ardianti

Ardianti, Imroatus Savira (2022) Pengembangan e-modul materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan penguatan karakter mandiri pada Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar / Imroatus Savira Ardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPS materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam pada kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar masih ditemukan sebuah permasalahan yaitu materi yang disajikan pada buku tematik belum lengkap siswa kurang tertarik dan bosan terhadap bahan ajar yang digunakan oleh guru belum adanya bahan ajar berbasis teknologi dan siswa masih membutuhkan bantuan orang lain dalam mengerjakan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk E-modul materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta dapat menarik siswa dalam belajar dan dapat membentuk karakter mandiri pada siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis) desain (desaign) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan angket. Sumber data diperoleh dari validasi ahli guru dan siswa. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara saran dan masukan serta analisis data kuantitatif diperoleh dari angket. Hasil validasi para ahli dan guru memperoleh kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil produk E-modul menurut ahli materi memperoleh nilai 87 5% menurut ahli bahan ajar 95 8% dan menurut guru memperoleh nilai 94 4%. Hasil uji coba skala kecil dan skala besar memperoleh kategori sangat menarik dengan nilai 95 8% berdasarkan uji coba skala kecil dan 95 5% berdasarkan uji coba skala besar. Produk E-modul juga mampu membentuk karakter mandiri siswa dengan perolehan nilai 100% berdasarkan uji coba skala kecil dan nilai 96% berdasarkan uji coba skala besar. Sehingga dapat disimpulkan pada penelitian dan pengembangan ini menghasilkan E-modul yang sangat valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru serta menarik menurut siswa dan dapat membentuk karakter mandiri siswa dalam kegiatan pembelajaran. E-modul dinyatakan layak digunakan sehingga guru disarankan menggunakan E-modul dalam proses pembelajaran agar bahan ajar yang digunakan lebih kreatif dan inovatif serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa serta dapat membentuk karakter mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266646

Actions (login required)

View Item View Item