Analisis kemampuan pemecahan masalah berbasis hots pada materi bangun datar di kelas iv SDN 2 Mangliawan Malang / Syafa'atul Rochmaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan pemecahan masalah berbasis hots pada materi bangun datar di kelas iv SDN 2 Mangliawan Malang / Syafa'atul Rochmaningsih

Rochmaningsih, Syafa'atul (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah berbasis hots pada materi bangun datar di kelas iv SDN 2 Mangliawan Malang / Syafa'atul Rochmaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dan mendeskripsikan tahapan siswa dalam penyelesaian soal kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari teori Polya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan campuran (mixed methods) dengan desain penelitian sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian kuantitatif menggunakan seluruh partisipan sebanyak 43 siswa sedangkan subjek dalam penelitian kualitatif diwawancarai berdasarkan kategori tertentu yang terdiri dari 6 siswa dari kategori tinggi sedang dan rendah. Data yang dikumpulkan terdiri dari hasil tes tertulis hasil wawancara dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan memahami masalah mencapai 48 % (sedang) kemampuan merencanakan penyelesaian mencapai 65% (tinggi) kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian mencapai 60% (sedang) dan kemampuan memeriksa kembali mencapai 33% (rendah). Penyebab kurangnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa sebagian besar adalah siswa belum memahami soal secara mendalam kurang teliti dalam membaca soal belum dapat membedakan rumus serta operasi hitung perkalian dan pembagian belum dikuasai. Kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata terendah adalah tahap memeriksa kembali sebesar 33%. Guru sebaiknya sering memberikan masalah yang non rutin agar siswa dapat menganalisis masalah yang berbeda dan membiasakan siswa untuk melakukan pengecekan jawaban untuk menghindari kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266638

Actions (login required)

View Item View Item