Pengembangan media interaktif game based learning melalui aplikasi android materi persiapan kemerdekaan Indonesia Kelas V SD / Mochammad Hanif Nurcahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif game based learning melalui aplikasi android materi persiapan kemerdekaan Indonesia Kelas V SD / Mochammad Hanif Nurcahyo

Nurcahyo, Mochammad Hanif (2022) Pengembangan media interaktif game based learning melalui aplikasi android materi persiapan kemerdekaan Indonesia Kelas V SD / Mochammad Hanif Nurcahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan sebuah perantara yang berguna untuk memberikan stimulus dan motivasi belajar peserta didik terhadap proses pembelajaran guna mempermudah guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada wawancara yang dilaksanakan di SDN Sentul 2 Kota Blitar wali kelas mengutarakan bahwa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring dan kegiatan evaluasi pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai cara mulai dari goggle form penugasan lewat buku maupun video. Dari berbagai kegiatan tersebut munculah kebosanan dari peserta didik dikarenakan proses penugasan yang monoton dan menuntut untuk banyak menulis dibuku tugas. Sehingga diperlukanya bentuk baru dalam pemberian soal evaluasi pembelajaran dan dibuatlah media interaktif melalui aplikasi android untuk memudahkan dan mengembalikan semangat peserta didik dalam penugasannya. Tujuan penelitian pengembangan yaitu untuk menghasilkan media interaktif yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna serta praktis dan menarik bagi peserta didik. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berdasarkan validasi ahli dan pengguna serta data kualitatif berupa saran dan kritikan dari validator dan pengguna teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara meliputi wawancara angket dan observasi beserta instrumenya. Analisis data diukur menggunakan skala Likert untuk mendapatakan nilai kevalidan dan skala Guttman untuk mendapatkan nilai kepraktisan dan kemenarikan. Hasil dari validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 88% ahli media 88% dan guru sebagai validasi pengguna mendapatkan 96% hasil dari ketiganya masuk kedalam kategori sangat valid dan layak diuji coba tanpa adanya revisi. Hasil dari angket peserta didik untuk menilai tingkat kemenarikan dan kepraktisan didapatkan nilai sebesar 95 88% dengan kategori sangat praktis dan menarik serta dengan keputusan uji dapat digunakan tanpa adanya revisi meskipun begitu adapun saran yang diberikan oleh para ahli yaitu untuk lebih memperhatikan susunan materi tampilan media dan kemudahan dalam distribusi produk. Dengan begitu maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan dan penelitian dengan produk media interaktif berbasis android telah valid menurut ahli dan guru serta praktis dan menarik bagi peserta didik. Saran yang disampaikan dalam menggunakan media interaktif melalui aplikasi android hendaknya untuk mendengarkan terlebih hendaknya guru untuk juga menggunakan produk pengembangan media interaktif dikarena produk telah dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sehingga dapat digunakan refensi dalam variasi pemberian tugas di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266637

Actions (login required)

View Item View Item