Pengembangan e-comic dahwan (daur hidup hewan) berbasis discovery learning untuk siswa kelas iv SD / Revika Dihana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-comic dahwan (daur hidup hewan) berbasis discovery learning untuk siswa kelas iv SD / Revika Dihana Putri

Putri, Revika Dihana (2022) Pengembangan e-comic dahwan (daur hidup hewan) berbasis discovery learning untuk siswa kelas iv SD / Revika Dihana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa e-comic materi daur hidup hewan yang valid berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media serta menarik dan praktis bagi pengguna (guru dan siswa kelas IV). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang biasa disebut juga Research and Development (RnD) dengan menerapkan model ADDIE yang memiliki 5 tahap secara runtut terdiri dari tahap analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Lokasi penelitian ini yaitu SDN Polehan 3 dan memiliki empat subjek uji coba yaitu ahli materi ahli media guru beserta siswa kelas IV SDN Polehan 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Hasil akhir validasi e-comic oleh ahli materi dan ahli media secara berurutan memperoleh persentase sebesar 93 33% dan 96 67% sehingga e-comic termasuk kategori sangat valid dan produk bisa digunakan tanpa dilakukan revisi. Hasil akhir penilaian kemenarikan dan kepraktisan oleh guru dan siswa kelas IV secara berurutan memperoleh persentase sebesar 98 33% dan 93 84% sehingga bisa disimpulkan bahwa e-comic sangat menarik dan praktis digunakan siswa kelas IV SD pada kegiatan pembelajaran materi daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266635

Actions (login required)

View Item View Item