Pengembangan lkpd berdasarkan model problem based learning (PBL) pada materi keberagaman bangsaku kelas IV / Intan Sukma Cherlianna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd berdasarkan model problem based learning (PBL) pada materi keberagaman bangsaku kelas IV / Intan Sukma Cherlianna

Cherlianna, Intan Sukma (2022) Pengembangan lkpd berdasarkan model problem based learning (PBL) pada materi keberagaman bangsaku kelas IV / Intan Sukma Cherlianna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN Ponggok 01 Kabupaten Blitar menerapkan kurikulum 2013 dimana proses pembelajaran menggunakan buku seri tematik yang memuat LKPD dalam bentuk soal pilihan ganda dan uraian dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik pada 14 Oktober 2021 bahan ajar tersebut kurang efektif digunakan dalam pembelajaran saat ini. Sedangkan hasil wawancara dengan peserta didik pada 2 November 2021 peserta didik kurang memahami dan mengenal keberagaman bangsa penggunaan bahan ajar tersebut kurang menarik dan kegiatan pembelajaran yang membosankan. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan LKPD model PBL pada materi keberagaman bangsaku yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan pendidik (pengguna). Serta menarik dan praktis bagi peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri lima tahapan yaitu 1) (analyze) analisis 2) (design) perancangan 3) (development) pengembangan 4) (implementation) implementasi dan 5) (evaluation) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan persentase kemudian hasil dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi ahli bahan ajar dan pendidik (pengguna) dilakukan menggunakan skala Likert serta angket respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian LKPD model PBL pada materi keberagaman bangsaku memperoleh kriteria penilaian sangat layak untuk digunakan. Persentase penilaian menurut ahli materi sebesar 89 28% ahli bahan ajar sebesar 93 75% dan pendidik (pengguna) sebesar 97 72%. Dari ketiga hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil kemenarikan dari angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase sebesar 100% dan hasil kepraktisan dari angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase sebesar 96 66%. Dari hasil persentase menunjukkan LKPD model PBL dikategorikan sangat menarik dan praktis. Sehingga dapat digunakan tanpa revisi dan layak digunakan pada proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa LKPD model PBL pada materi keberagaman bangsaku valid menarik dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran. Peserta didik hendaknya sering berlatih menggunakan LKPD model PBL agar lebih lancar. Serta pendidik membimbing peserta didik dalam menggunakan LKPD model PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 06:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266633

Actions (login required)

View Item View Item