Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang / Imro'atus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang / Imro'atus Sholihah

Sholihah, Imro'atus (2015) Pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa kelas X MAN Tambakberas Jombang / Imro'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihah Imro atus. 2015. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa Kelas X MAN Tambakberas Jombang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarwono M.Pd (2) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si M.Si. Kata kunci pengembangan modul inkuiri terbimbing Archaebacteria dan Eubacteria. Pengembangan Modul ini didasari oleh kurangnya bahan ajar penunjang Biologi materi Archaebacteria dan Eubacteria. Tidak tersedianya buku penunjang dapat mempengaruhi minimnya pemahaman siswa tentang materi pembelajaran. Bahan ajar Biologi yang membelajarkan siswa dalam menemukan pemahamannya secara mandiri belum banyak dikembangkan sebelumnya. Materi Archaebacteria dan Eubacteria merupakan materi yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Modul yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) guna menunjang proses pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul cetak biologi berbasis inkuiri terbimbing untuk kompetensi dasar 3.4 (menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Archaebacteria dan Eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis) dan 4.4 (menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis) 2) mendeskripsikan kemenarikan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing menurut siswa guru dan ahli dan 3) mendeskripsikan kebermaknaan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing dalam menunjang proses belajar mengajar. Pengembangan modul ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan S. Semmel D.S. Semmel M.I. tahun 1974 yang telah diadaptasi dan dimodifikasi. Langkah-langkah penelitian ini adalah mendefinisikan (Define) merancang (Design) mengembangkan (Develop) dan menyebarluaskan (Disseminate). Akan tetapi pengembangan modul ini hanya dilakukan sampai tahap 3-D. Validasi dilakukan oleh ahli modul dengan rerata nilai 94% oleh ahli materi dengan rerata nilai 96 13 % dan uji keterbacaan oleh siswa dengan rerata 92 7%. Hal tersebut menunjukkan kriteria modul sangat valid dan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26663

Actions (login required)

View Item View Item