Peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media mika ajaib pada siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Suyanti Puji Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media mika ajaib pada siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Suyanti Puji Astutik

Astutik, Suyanti Puji (2022) Peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan media mika ajaib pada siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Suyanti Puji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan hasil belajar materi perkalian pecahan menggunakan model kontekstual berbantuan media mika ajaib. Mika ajaib adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran guna menjelaskan konsep maupun prosedural materi pecahan. Ajaib dari media ini yaitu dapat memantapkan dan meyakinkan konsep pada suatu media. Media mika ajaib yaitu berbentuk persegi panjang yang terbagi menjadi beberapa bagian sama besar sesuai dengan jumlah penyebut pecahan dan terdapat arsiran sesuai dengan jumlah pembilang pecahan. Metode pada penelitian ini menggunakan mixed methods dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran matematika menggunakan model CTL berbantuan media mika ajaib terlaksana sesuai dengan langkah-langkah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru mengkondisikan siswa secara tertib dan teratur dalam belajar siswa sangat aktif dan semangat belajar. Hasil belajar siswa meningkat yaitu dari 26 siswa nilai rata-rata skor hasil belajar pratindakan adalah 50 62 pada siklus 1 meningkat menjadi 79 81 dan siklus 2 adalah 88 00 sehingga dapat disimpulkan bahwa model CTL berbantuan media mika ajaib dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pecahan pada siswa kelas V SDN Kauman 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266612

Actions (login required)

View Item View Item