Pengembangan e-modul berbasis model PBL pada materi pecahan dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas IV SDN Kauman 2 Blitar / Diah Eefa Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis model PBL pada materi pecahan dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas IV SDN Kauman 2 Blitar / Diah Eefa Wahyuni

Wahyuni, Diah Efa (2022) Pengembangan e-modul berbasis model PBL pada materi pecahan dengan penguatan karakter mandiri siswa Kelas IV SDN Kauman 2 Blitar / Diah Eefa Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa membutuhkan bahan ajar yang lengkap dan berwarna sesuai perkembangan teknologi di masa pandemi. Bahan ajar yang digunakan masih kurang lengkap dan terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk pengembangan berupa e-modul berbasis model PBL pada materi pecahan yang valid praktis menarik serta dapat menguatkan karakter mandiri siswa. Pengembangan e-modul menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa dan guru kelas IV ahli materi dan ahli bahan ajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan wawancara angket dan observasi. Hasil uji kevalidan produk e-modul menunjukkan tingkat kevalidan yaitu sangat valid dengan rata-rata nilai validasi sebesar 95 5%. Hasil uji kepraktisan dan kemenarikan produk e-modul yaitu sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 95 2% dan sangat menarik dengan rata-rata nilai kemenarikan sebesar 95 3%. Selain itu e-modul yang dibuat dapat menguatkan karakter mandiri siswa. Dengan demikian produk e-modul layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266603

Actions (login required)

View Item View Item