Analisis kemampuan literasi matematis pada materi pecahan siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Samrotul Fikriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan literasi matematis pada materi pecahan siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Samrotul Fikriyah

Fikriyah, Samrotul (2022) Analisis kemampuan literasi matematis pada materi pecahan siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang / Samrotul Fikriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis dan kemampuan pada setiap indikator literasi matematis pada materi pecahan siswa kelas V SDN Kauman 1 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kombinasi (mix methods) dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 74 siswa yang diteliti kemampuan literasi matematis pada materi pecahan siswa kelas V SDN Kauman 1 Malang dalam kriteria sedang yaitu sebesar 43%. Kemampuan siswa pada setiap indikator literasi matematis meliputi (1) Kemampuan memformulasikan masalah secara matematis yaitu sebesar 51%. Siswa dapat menyederhanakan permasalahan nyata ke dalam bentuk hal yang diketahui dan ditanyakan. Namun ada yang tidak menuliskan karena kurang ketelitian serta terbiasa mengerjakan soal langsung cara dan kesimpulan. Hampir sebagian siswa mampu menuliskan permasalahan secara jelas ke dalam bentuk kalimat matematika (2) Kemampuan menggunakan fakta konsep prosedur dan penalaran matematika yaitu sebesar 47%. Belum seluruhnya siswa mampu menyusun rencana penyelesaian menggunakan fakta konsep prosedur dan penalaran matematika dengan tepat. Terdapat siswa yang strategi dan perosedurnya tepat namun jawaban akhir salah karena kurang teliti dalam perhitungan. Beberapa siswa menggunakan prosedur kurang tepat karena lupa konsep operasi hitung pecahan dan tidak mengerti cara untuk menyelesaikannya (3) Kemampuan menginterpretasikan menyimpulkan dan merefleksi hasil matematika yaitu sebesar 32%. Hanya sebagian kecil siswa yang mampu menginterpretasikan dan menyimpulkan hasil penyelesaian ke permasalahan nyata dengan tepat. Beberapa siswa tidak menuliskan kesimpulan karena terbiasa menuliskan cara saja kurang teliti serta terburu-buru dalam mengerjakan. Kemudian hanya sedikit sekali siswa yang mampu menjelaskan solusi hasil penyelesaian. Dalam pembelajaran guru disarankan lebih menggunakan desain pembelajaran berbasis permasalahan kontekstual dalam kehidupan untuk mengasah kemampuan literasi matematis siswa. Kemudian lebih ditekankan lagi kepada siswa untuk menyelesaikan soal secara terstruktur dengan tahapan penyelesaian yang lengkap. Penanaman konsep operasi hitung pecahan juga perlu ditekankan lagi agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266600

Actions (login required)

View Item View Item