Pengembangan e-modul muatan ips berbantuan web live worksheet materi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar sampai provinsi pada siswa kelas iv SD / Melinda Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul muatan ips berbantuan web live worksheet materi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar sampai provinsi pada siswa kelas iv SD / Melinda Puspitasari

Puspitasari, Melinda (2022) Pengembangan e-modul muatan ips berbantuan web live worksheet materi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar sampai provinsi pada siswa kelas iv SD / Melinda Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan didasarkan pada hasil wawancara dengan guru kelas IV yang ditemukan pada SDN Karangsari 2 SDN Kauman 2 SDN Tanggung 2 di mana pembelajaran di kelas IV hanya menggunakan gambar dan buku tema serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terkait materi sehingga pembelajaran sedikit terhambat pada pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi terutama pada materi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar sampai provinsi juga didukung dengan angket karakteristik siswa yang menginginkan bahan ajar interaktif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk pengembangan berupa e-modul berbantuan web live worksheet yang valid menurut ahli materi valid menurut ahli bahan ajar praktis menurut guru praktis dan menarik menurut siswa. Pengembangan e-modul menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis (analisis) design (perancangan) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Lokasi penelitian dan pengembangan dilakukan di SDN Karangsari 2 dengan subjek siswa kelas IV dengan jumlah 28 siswa dengan 6 siswa diujikan dalam kegiatan uji skala kecil dan 22 siswa diujikan dalam kegiatan uji skala besar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan wawancara observasi angket dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan skala Likert dan skala Guttman dan analisis data kualitatif menggunakan analisis diskriptif. Hasil validasi ahli diperoleh rata ndash rata menurut ahli materi sebesar 90 6% (sangat valid) dan ahli bahan ajar sebesar 97 2% (sangat valid). Tingkat kepraktisan menurut ahli praktisi atau guru sebesar 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil rata- rata tingkat kepraktisan sebesar 97 3% kategori sangat praktis dan rata-rata tingkat kemenarikan sebesar 100% dengan kategori sangat menarik. Tanggapan siswa terkait e ndash modul sangat positif dan antusias dalam menggunakan e ndash modul. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa produk e ndash modul berbantuan web live worksheet dapat dinyatakan valid praktis menarik dan layak digunakan. Saran dan pemanfaatan produk ini yaitu ketersediaan smartphone atau laptop cadangan selama kegiatan uji coba ketersediaan jaringan atau wifi dalam ruang kelas dapat dikembangkan dengan muatan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266581

Actions (login required)

View Item View Item