Indriani, Dwi Fitria (2022) Pengembangan media website pada materi iklan di Kelas V SDN Kauman 2 Kota Blitar / Dwi Fitria Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Indriani Dwi Fitria. 2022. Pengembangan Media Website pada Materi Iklan di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Website Iklan Sekolah dasar Kendala yang ditemui di kelas V SDN Kauman 2 SDN Gedog 3 dan SDN Pandanarum 2 Blitar selama proses pembelajaran dalam wawancara dengan wali kelas pada tanggal 19-21 Oktober 2021 yaitu guru hanya menggunakan media buku tematik youtube namun tidak pernah menggunakan media website. Hal ini mengakibatkan materi pembelajaran dengan cakupan yang luas cenderung kurang tersampaikan dengan baik sehingga membuat siswa menjadi jenuh dan bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi yang membuat siswa kurang mandiri dalam menyelesaikan tugas-tugasnya baik di sekolah maupun dirumah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media website pada materi iklan di kelas V sekolah dasar yang valid bagi ahli materi ahli media dan pengguna yang praktis bagi guru serta yang menarik bagi siswa. Metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) digunakan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan wawancara observasi serta angket. Instrument yang digunakan pada pengembangan media website ini yaitu lembar wawancara untuk guru kelas V SD lembar observasi untuk melakukan kegiatan observasi di kelas V SD serta lembar angket untuk siswa kelas V SD. Analisis data dilakukan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yang dijabarkan pada hasil skor dan persentase menggunakan skala likert skala guttman dan saran dari ahli serta siswa. Hasil dari validasi ahli memperoleh skor rata-rata menurut ahli materi sebesar 90% (sangat valid) menurut ahli media mendapatkan skor 93 75% (sangat valid) serta menurut pengguna (guru) mendapatkan skor 100% (sangat valid). Kepraktisan media website ruang iklan dinilai oleh guru dan mendapatkan skor 100% dengan kategori sangat praktis. Uji kemenarikan dilakukan kepada siswa dengan membagikan angket respon kemenarikan siswa kelas V SD pada kelompok kecil yang mendapatkan skor 95% dan kelompok besar mendapatkan skor 100%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk media website ruang iklan dinyatakan valid bagi ahli materi ahli media dan pengguna praktis bagi guru serta menarik bagi siswa. Penggunaan media website ruang iklan ini disarankan menggunakan handphone dengan memiliki jaringan internet browser (google mozilla fireworks serta chrome).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 08:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266567 |
Actions (login required)
View Item |