Pengembangan media pembelajaran flash card berbantuan qr-code pada materi peninggalan kerajaan hindu budha dan islam di kelas iv sekolah dasar / Arditya Puspa Laras - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran flash card berbantuan qr-code pada materi peninggalan kerajaan hindu budha dan islam di kelas iv sekolah dasar / Arditya Puspa Laras

Laras, Arditya Puspa Laras (2022) Pengembangan media pembelajaran flash card berbantuan qr-code pada materi peninggalan kerajaan hindu budha dan islam di kelas iv sekolah dasar / Arditya Puspa Laras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang ditemui di SDN Gedog 3 Kota Blitar SDN Pandanarum 02 Kabupaten Blitar serta SDN Sananwetan 1 Kota Blitar adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas IV. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga materi pembelajaran kurang tersampaikan dengan baik. Siswa juga mengalami kesulitan pada materi peninggalan kerajaan Hindu Budha dan Islam. Hal ini dikarenakan materi tersebut membutuhkan media yang mana dapat merubah sesuatu yang mulanya abstrak menjadi konkret sedangkan dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas IV mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Flash Card berbantuan QR-Code yang valid berdasarkan ahli materi ahli media praktis bagi guru serta menarik bagi siswa. Berdasarkan permasalahan yang ditemui peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan yakni media flash card berbantuan QR-Code. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil validasi dan kualitatif dari saran dan masukan dari para ahli dan pengguna. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi angket dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data diukur menggunakan skala likert untuk menilai kevalidan dan skala guttman untuk mengetahui kepraktisan dan kemeneraikan media. Hasil penilaian validasi yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media secara berurutan yaitu 90% dan 100% dengan hasil kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan media Flash Card berbantuan QR-Code dinilai oleh guru dan mendapatkan skor sebesar 100% dengan hasil kategori sangat praktis. Uji kemenarikan produk dilakukan selama tiga kali uji coba dengan memberikan angket kepada siswa kelas IV. Pada one-to-one trail mendapat skor 94% uji coba kelompok kecil mendapat 98% serta uji coba kelompok besar 100% dengan hasil kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media Flash Card berbantuan QR-Code dinyatakan valid berdasarkan ahli materi dan ahli media praktis bagi guru serta menarik bagi siswa. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang valid praktis dan menarik selama kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266564

Actions (login required)

View Item View Item