Pengembangan konten powerpoint interaktif dalam pembelajaran di Kelas V SD Gracia Nusantara Kota Malang / Gagas Balinda Mayasandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan konten powerpoint interaktif dalam pembelajaran di Kelas V SD Gracia Nusantara Kota Malang / Gagas Balinda Mayasandi

Mayasandi, Gagas Balinda (2022) Pengembangan konten powerpoint interaktif dalam pembelajaran di Kelas V SD Gracia Nusantara Kota Malang / Gagas Balinda Mayasandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era revolusi industry 4.0 perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian dari pendidikan dimana guru dapat memanfaatkan sarana dan prasarana terutama pada media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran disekolah. Maka perkembangan teknologi memungkinkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan digitalisasi sekarang ini. Sehingga peneliti memanfaatkan powerpoint interaktif yang bertujuan untuk mempermudah interaksi selama pembelajaran namun pengembangan media powerpoint interaktif dapat dilakukan apabila guru memiliki ketertarikan untuk mengembangkan diri mengelola media pembelajaran berbasis powerpoint.Penelitian ini menggunakan pendekatan Reasearch and Development (R amp D). Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan dilakukan menggunakan modifikasi dan model yang terdiri dari 4 langkah yaitu (a) perancangan (b) pembuatan (memproduksi) (c) penilaian (uji coba) (d) perbaikan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi untuk mengumpulkan data. Dalam analisis data peneliti menggunakan beberapa tahap analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan data yang telah terkumpul.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kevalidan produk yang dimodifikasi dari media powerpoint interaktif berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli media ahli materi responden guru dan peserta didik menunjukkan bahwa 1) analisis data dari ahli media memperoleh jumlah skor 61 dengan skor maksimal 75 skor rata-rata 4 dan persentase sebesar 81% dapat dikatakan sangat layak digunakan kedalam pembelajaran 2) analisis data dari ahli materi memperoleh jumlah skor sebanyak 52 dengan skor maksimal sebanyak 60 skor rata-rata 4 dan persentase sebesar 87% dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran 3) analisis data dari pengguna guru memperoleh jumlah skor 59 skor maksimal 60 skor rata-rata 5 dan persentase sebesar 98% dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran 4) analisis data pengguna dari peserta didik memperoleh skor keseluruhan 272 dengan skor maksimal 300 skor rata-rata 45 dan persentase sebesar 91% dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266551

Actions (login required)

View Item View Item