Khoirot, Failatul (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif "my blood" bebantuan articulate storyline 3 pada materi peredaran darah manusia dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas v sekolah dasar / Failatul Khoirot. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi peredaran darah manusia sangat diperlukan dalam membantu pemahaman siswa di saat pembelajaran daring. Media pembelajaran interaktif my blood dapat digunakan kapan saja dimana saja karena berbentuk aplikasi android. Selain itu media ini dapat menstimulasi berkembangnya karakter mandiri pada siswa. Pelaksanaan pembelajaran daring banyak mengalami kendala. Salah satunya di SDN Pakunden 1 Kota Blitar. Masalah yang ditemukan di kelas V SDN Pakunden 1 yaitu (1) pertemuan tatap muka terbatas hanya 2 jam (2) dibutuhkannya media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran (3) siswa mengalami kesulitan pada pemahaman materi system peredaran darah manusia (4) media yang digunakan hanya video pembelajaran yang berasal dari youtube (5) selama pembelajaran daring siswa membutuhkan bantuan orang tua dalam mengerjakan tugas maupun memahami materi. Potensi yang ditemukan yaitu siswa dapat mengoperasikan smartphone siswa menyukai belajar sambil bermain menggunakan media pembelajara. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran interaktif my blood dengan penguatan karakter mandiri pada muatan IPA materi peredaran darah manusia untuk siswa kelas V yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru praktis bagi guru dan menarik untuk siswa. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE diadaptasi dari Rusdi (2018) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analyze berupa analisis kebutuhan analisis karakter siswa dan analisis kurikulum (2) Design berupa pembuatan konsep kerangka materi storyboard dan instrumen penelitian (3) Development berupa pembuatan produk dan validasi produk (4) Implementation berupa uji produk kepada siswa dan (5) Evaluation berupa analisis hasil dari setiap tahapan penelitian untuk penarikan kesimpulan. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai kevalidan menurut ahli materi sebesar 95% ahli media sebesar 90% dan validasi pengguna (guru) sebesar 97 5% dengan kategori sangat valid. Nilai kemenarikan oleh siswa sebesar 100% yang menunjukkan kategori sangat menarik. Stimulus karakter mandiri diperoleh rata-rata sebesar 95% yang artinya produk dapat menstimulasi berkembangnya karakter mandiri siswa. Disimpulkan bahwa produk Media pembelajaran interaktif ldquo My Blood rdquo berbantuan articulate storyline 3 pada materi peredaran darah manusia dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna dan praktis menurut guru serta menarik menurut siswa. Sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266546 |
Actions (login required)
View Item |