Pengaruh model flipped classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas iv SDN Bendogerit 01 Kota Blitar / Dinda Nur Nabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model flipped classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas iv SDN Bendogerit 01 Kota Blitar / Dinda Nur Nabila

Nabila, Dinda Nur (2022) Pengaruh model flipped classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar gagasan pokok dan gagasan pendukung siswa kelas iv SDN Bendogerit 01 Kota Blitar / Dinda Nur Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi terutama pada pembelajaran gagasan pokok dan gagasan pendukung di kelas IV SDN Bendogerit 01 Kota Blitar menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan penugasan. Selain itu terdapat perbedaan kriteria motivasi antar siswa satu dengan siswa lain. Motivasi belajar siswa turut berperan dalam keberlangsungan proses pembelajaan. Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran fflipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan motivasibelajar terhadap hasil belajar gagasan pokok dan gagasan pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mencari sutau pengaruh dari pelakuan yang diberikan. Perlakuan tersebut menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel dari kelas eksperimen sebanyak 26 siswa diterpakan model pembelajaran flipped classroom dan kelas kontrol sebanyak 26 siswa diterapkan model konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Angket motivasi belajar diberikan sebelum kedua kelas diberi perlakuan. Analisis data dihitung dengan bantuan aplikasi SPSS 16 dengan menghitung hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ditinjau dari model pembelajaran kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi daripada kelas kontrol. Ditinjau dari motivasi belajar kriteria motivasi belajar sangat setuju memperoleh niali rata-rata lebih tinggi dibanding dengan kriteria setuju dan ragu. Hasil uji hipotesis ditinjau dari model pembelajaran memperoleh nilai signifikansi 0 197 gt 0 05 sehingga tidak ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar. Ditinjau dari motivasi belajar hasil uji hipotesisi memperoleh nilai signifikansi 0 58 gt 0 05 sehingga tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Tidak adanya pengaruh ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor internal maupun eksternal. Model pembelajaran flipped classroom tidak efektif digunakan dalam penelitian ini disebabkan siswa belum siap dengan mengkombinasikan dua pembelajaran kondisi siswa dan siswa kurang fokus dalam memahami materi. Selain itu adanya faktor pendorong metode belajar dan indivisual siswa juga mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266541

Actions (login required)

View Item View Item