Efektivitas game edukasi kahoot! materi perkalian dan pembagian terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Bandulan 2 Malang / Nur Afni Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas game edukasi kahoot! materi perkalian dan pembagian terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Bandulan 2 Malang / Nur Afni Anggraini

Anggraini, Nur Afni (2022) Efektivitas game edukasi kahoot! materi perkalian dan pembagian terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Bandulan 2 Malang / Nur Afni Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu alat yang digunakan pada pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Bandulan 2 Malang ditemukan bahwa pada masa pandemi salah satu media yang digunakan pada pembelajaran matematika adalah youtube dan google form untuk evaluasi. Sehingga siswa kelas 3 mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan terutama materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini menggunakan game edukasi Kahoot pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan untuk menganalisis efektivitas game edukasi Kahoot pada materi perkalian dan pembagian terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Bandulan 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hubungan sebab akibat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SDN Bandulan 2 Malang. Berdasarkan hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa data pada setiap kelompok berdistribusi normal hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dari dua kelompok tersebut gt 0 05. Uji homogenitas menggunakan uji Levene diketahui nilai signifikansi 0 878 gt 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen adalah sama atau homogen. Hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney adalah 0 750 gt 0 05 maka H0 diterima dan Ha ditolak dimana hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian antara kelas yang diajar dengan menggunakan game edukasi Kahoot dan kelas yang tidak menggunakan game edukasi Kahoot pada siswa kelas 3 SDN Bandulan 2 Malang. Nilai rata-rata n-gain untuk kelas kontrol sebesar 72.1514 atau 72% termasuk dalam kategori cukup efektif sedangkan nilai rata-rata n-gain untuk kelas eksperimen adalah 80 0624 atau 80% termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266536

Actions (login required)

View Item View Item