Pengembangan video edukasi "sumbu" (sumber bunyi) dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada muatan IPA untuk siswa kelas IV SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Meyla Nurazizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video edukasi "sumbu" (sumber bunyi) dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada muatan IPA untuk siswa kelas IV SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Meyla Nurazizah

Nurazizah, Meyla (2022) Pengembangan video edukasi "sumbu" (sumber bunyi) dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada muatan IPA untuk siswa kelas IV SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Meyla Nurazizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang sering ditemukan dijenjang sekolah dasar yaitu kurangnya perhatian terhadap penggunaan media pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Demikian pula di SDN Karangsari 2 Kota Blitar masalah yang ditemukan pada saat proses pembelajaran yaitu media yang digunakan hanya media gambar buku tematik serta penugasan saja tanpa menambah media pembelajaran lain sebagai pendukung proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnya antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang memahami materi secara optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu di terapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan menumbuhkan keingintahuan siswa akan materi yang harus dipelajarinya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video edukasi "SUMBU" (Sumber Bunyi) dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada muatan IPA materi bunyi dan sumber bunyi untuk siswa kelas IV yang valid praktis dan menarik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE diadaptasi dari Rusdi (2018) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis berupa analisis kebutuhan (2) Design berupa pembuatan konsep menentukan komponen menyusun kerangka materi storyboard instrumen penelitian dan pembuatan tampilan video edukasi (3) Development berupa dilakukan validasi terhadap video edukasi oleh ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna (4) Implementation berupa uji coba produk kepada siswa dengan kelompok kecil dan kelompok besar dan (5) Evaluation berupa analisis hasil dari tahap uji coba untuk penarikan kesimpulan. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai kevalidan menurut ahli materi sebesar 90% ahli media sebesar 87 5% dan pengguna (guru) sebesar 97% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan menurut guru sebesar 100% dan untuk nilai kemenarikan dari angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar masing-masing mencapai 100% dengan kategori sangat menarik. Karakter rasa ingin tahu diperoleh rata-rata sebesar 99% yang artinya produk dapat menstimulasi berkembangnya karakter rasa ingin tahu siswa. Disimpulkan bahwa video edukasi "SUMBU" (Sumber Bunyi) dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada muatan IPA materi bunyi dan sumber bunyi untuk siswa kelas IV SDN Karangsari 2 Kota Blitar sangat valid menurut ahli materi ahli media dan guru sangat praktis dan sangat menarik menurut guru dan siswa. Sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266524

Actions (login required)

View Item View Item