Anjani, Kecup (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia digital materi IPA pada tema 3 dengan penguatan karakter gemar membaca siswa Kelas III SDN Karangsari 2 Kota Blitar / Kecup Anjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis ensiklopedia digital pada materi IPA tema 3 dengan penguatan karakter gemar membaca siswa kelas III SDN Karangsari 2 Blitar yang valid berdasarkan ahli materi ahli media pengguna serta menarik dan praktis menurut siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tahapan dari model ADDIE (Analyze Design Development Implementation dan Evaluation). Hasil validasi produk bahan ajar berbasis ensiklopedia digital menurut ahli materi 95% ahli media 90% dan menurut pengguna 93 75% dengan kategori sangat valid. Tingkat kemenarikan dan kepraktisan menurut siswa pada uji coba kelompok kecil masing-masing sebesar 95% dan 100% dengan kategori sangat menarik dan sangat praktis. Sedangkan tingkat kemenarikan dan kepraktisan menurut siswa pada uji coba kelompok besar masing-masing sebesar 94 2% dan 100% dengan kategori sangat menarik dan sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berbasis ensiklopedia digital sangat valid sangat menarik dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan produk bahan ajar berbasis ensiklopedia digital pada materi lain yang membutuhkan pendalaman materi dan dikembangkan dalam bentuk aplikasi offline serta dapat menambahkan indikator materi yang baik pada instrumen validasi materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/266521 |
Actions (login required)
View Item |