Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yusakhiril Lukman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yusakhiril Lukman

Lukman, Yusakhiril (2015) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Yusakhiril Lukman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lukman Yusakhiril. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Blended Learning terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata Kunci Inkuiri terbimbing blended learning literasi sains hasil belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 5 Malang diketahui bahwa kemampuan literasi sains siswa masih kurang sehingga mempengaruhi hasil belajar. Penelitian tentang pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu model pembelajaran biologi yang bisa digunakan adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning. Pembelajaran ini terdiri dari pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Melalui pembelajaran tersebut diharapakan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap literasi sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu karena peneliti tidak dapat mengontrol dengan ketat variabel luar yang mempengaruhi variabel terikat. Desain penelitian yang digunakan adalah non randomized control group pre test post test. Artinya dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Malang dengan kelas eksperimen kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol kelas XI IPA 6. Kemampuan literasi sains diukur menggunakan rubrik literasi sedangkan hasil belajar diukur tanpa menggunakan rubrik. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan anakova pada SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Pembelejaran ini dapat meningkatkan nilai yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol (2) ada pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Pembelejaran ini dapat meningkatkan nilai yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Berdasarkan penelitian ini disarankan guru perlu menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis blended learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26641

Actions (login required)

View Item View Item