Dhamira, Putri (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi pokok bahasan animalia untuk kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang / Putri Dhamira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dhamira Putri. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Animalia Kelas X SMA Negeri I Tumpang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Malang. Pembimbing (1) Drs. Masjhudi M.Pd. (2) Sofia Ery Rahayu S.Pd. M.Si. Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum 2013 pokok bahasan Animalia validasi persentase Hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri I Tumpang pada pembelajaran Biologi peserta didik lebih menuntut kepada guru untuk lebih banyak menjelaskan daripada peserta didik aktif dalam pembelajaran. Beberapa model telah dicoba namun tidak dapat dinilai sebagai pembelajaran efektif karena tidak menunjukkan adanya perubahan signifikan pada peserta didik terutama pada materi Biologi yang melibatkan istilah-istilah asing seperti penamaan spesies dalam bahasa latin atau nama struktur tubuh makhluk hidup. Kondisi di SMA Negeri I Tumpang pada saat dilakukan interview dengan siswa kelas XI IPA yang telah mempelajari pokok bahasan Animalia pada kelas X menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan memahami pokok bahasan Animalia karena pokok bahasan tersebut memiliki banyak sub materi dan banyak bagian yang harus dipahami sekaligus dihafalkan dalam waktu bersamaan. Permasalahan pemahaman materi Animalia pada peserta didik sekolah tersebut di dukung dengan peserta didik yang tidak memiliki buku atau referensi yang berkaitan dengan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran Biologi tersebut adalah dengan adanya pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berdasarkan kurikulum 2013. Telah diketahui bahwa pendekatan yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik dimana dalam pendekatan tersebut peserta didik dituntut untuk dapat melakukan penalaran secara induktif dan melakukan kerja ilmiah. Harapan dengan dilakukannya pengembangan perangkat pembelajaran Biologi berdasarkan kurikulum 2013 adalah permasalahan pembelajaran dapat teratasi dan kebutuhan referensi untuk pelaksanaan pembelajaran dapat terpenuhi. Perangkat pembelajaran dapat pula menuntun peserta didik untuk melakukan kerja ilmiah melalui lembar kegiatan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di SMA Negeri I Tumpang. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2014 dengan melibatkan tiga ahli untuk memvalidasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi ahli materi ahli pembelajaran dan ahli lapangan. Selain kepada ahli juga dilakukan uji coba kelompok kecil pada peserta didik kelas X SMA Negeri I Tumpang sebanyak 34 peserta didik. Perolehan persentase dari uji validitas atau uji kelayakan pada produk yang dikembangkan oleh ahli materi sebesar 94 65% ahli pembelajaran sebesar 94 05% dan ahli lapangan sebesar 78 57%. Selain itu hasil uji kepraktisan oleh kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 84 90%. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk dipergunakan uji coba pada pembelajaran. Serta berdasarkan uji kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat menarik minat peserta didik untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26633 |
Actions (login required)
View Item |