Pengembangan instrumen penilaian kognitif materi gerak tumbuhan dan hama penyakit tumbuhan kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 / Intan Rezki Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian kognitif materi gerak tumbuhan dan hama penyakit tumbuhan kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 / Intan Rezki Kurniasari

Kurniasari, Intan Rezki (2014) Pengembangan instrumen penilaian kognitif materi gerak tumbuhan dan hama penyakit tumbuhan kelas VIII semester genap tahun ajaran 2013-2014 / Intan Rezki Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurniasari Intan Rezki. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Materi Gerak Tumbuhan dan Hama Penyakit Tumbuhan Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Jurusan Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Ir. Nugrahaningsih M.P. Kata kunci instrumen penilaian kognitif gerak tumbuhan dan hama penyakit tumbuhan 12288 12288 12288 12288 12288 Penilaian merupakan salah satu faktor dalam mengukur keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Hasil belajar diukur menggunakan suatu instrumen penilaian yang berkualitas. Alat ukur hasil belajar adalah tes. Penelitian ini bertu-juan untuk (1) mengembangkan soal evaluasi Biologi untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (2) mengetahui tingkat kesukaran soal Biologi un-tuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (3) mengetahui daya beda hasil tes Biologi untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (4) me-ngetahui reliabilitas instrumen tes Biologi untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (5) mengetahui validitas konstruk instrumen tes Biologi untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP (6) mengetahui validitas isi ins-trumen tes Biologi untuk mengukur prestasi belajar siswa kelas VIII SMP. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini menggunakan teori pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian) design (peran-cangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pengumpu-lan data diperoleh dari hasil validasi ahli instrumen materi dan lapangan serta hasil uji coba produk kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji kevalidan Instrumen Penilain Kognitif dari ahli instrumen ahli materi dan ahli lapangan disimpulkan telah valid. Uji coba produk dilakukan di SMPN 4 Malang pada 39 siswa. Produk dari pengembangan instru-men penilaian kognitif ini sebanyak 40 soal dengan bentuk soal obyektif pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji coba produk untuk tingkat kesukaran soal mudah 67 7% soal sedang 22 5% dan soal sukar 10%. Untuk daya beda jelek diperoleh persentase 62 5% cukup 25% baik 10% sangat baik 0% dan negatif 2 5%. Reliabilitas instrumen tergolong sangat tinggi dengan nilai 0 90. Untuk analisis validitas konstruk diperoleh hasil bahwa sesuai dengan tujuan dan validitas isi diperoleh hasil sesuai dengan materi. Jadi instrumen ini bisa digunakan namun sebelumnya melalui tahap revisi. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan yaitu instrumen ini bisa digunakan oleh guru pelajaran Biologi namun sebelumnya melalui tahap revisi dan diharapkan peneli-tian ini dilanjutkan sampai pada tahap penyebaran dan melalui program komputer untuk meningkatkan feed back siswa. 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26625

Actions (login required)

View Item View Item