Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ima Ruhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ima Ruhmawati

Ruhmawati, Ima (2014) Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Ima Ruhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ruhmawati Ima. 2012. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fotosintesis Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M. Si. (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M. Si. Kata Kunci LKS Kontekstual Hasil Belajar Siswa Fotosintesis dan SMP Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Kurikulum tingkat satuan pendidikan menganut pemahaman pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa harus lebih aktif dan memiliki peranan inti dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran Biologi yang sesuai KTSP dilakukan melalui pendekatan kontekstual. Lembar kerja siswa merupakan media pembelajaran yang umum digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 4 Malang diketahui bahwa LKS IPA-Biologi yang digunakan hanya menekankan pada kemampuan kognitif saja sehingga kurang sesuai dengan pembelajaran kontekstual serta menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Fakta yang terjadi memicu peneliti untuk menggunakan media lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu LKS Kontekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent group design dengan jenis faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang tahun ajaran 2012/ 2013 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-D dan kelas VIII-F. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang berupa skor dari hasil belajar (aspek kognitif aspek afektif dan aspek kinerja) pada materi fotosintesis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis statistik kovarian untuk data hasil pengukuran aspek kognitif dan uji T untuk data hasil pengukuran aspek afektif dan aspek psikomotor. 12288 12288 12288 12288 Hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek kognitif afektif dan kinerja menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa (LKS) kontekstual berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fotosintesis kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka merekomendasikan LKS kontekstual untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi di sekolah khususnya di SMP Negeri 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26624

Actions (login required)

View Item View Item