PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK (Studi Pada Sentra Industri Kecil Menengah Anyaman Pandan Kabupaten Jombang) - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK (Studi Pada Sentra Industri Kecil Menengah Anyaman Pandan Kabupaten Jombang)

Sary, Yenny Indah (2019) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK (Studi Pada Sentra Industri Kecil Menengah Anyaman Pandan Kabupaten Jombang). Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak diberlakukannya MEA barang dan jasa keluar masuk dengan mudah dari negara-negara di ASEAN. Diberlakukannya MEA akan membawa dampak positif maupun negatif bagi para pelaku UMKM. Produsen di Indonesia harus mampu mengetahui dan memahami sumberdaya yang dimiliki dengan cara mengelolanya agar kinerja pemasaran tidak menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adakah pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran UMKM anyaman pandan di Kabupaten Jombang terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian eksplanatif. Populasi berjumlah 1.823 unit dan sampel berjumlah 135 unit. Analisis data yang digunakan adalah path analysis dan sobel test. Dari penelitian disimpulkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran , orientasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran namun tidak melalui inovasi produk, orientasi pembelajaran berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran dan melalui inovasi produk. Saran untuk pemilik UMKM adalah dalam menentukan strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta kepuasan pelanggan. Saran untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar lebih memperhatikan kondisi pemasaran UMKM agar daerah pemasarannya bertambah luas serta terus memberikan pendampingan dan pelatihan-pelatihan. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya menambah variabel serta indikator dan jumlah sampel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Senayan Library Management System (SLIMS). Perpustakaan. Pustakawan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:34
Last Modified: 01 Feb 2023 07:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2662

Actions (login required)

View Item View Item