Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 02 Batu / Trismiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 02 Batu / Trismiyati

Trismiyati (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA SMAN 02 Batu / Trismiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trismiyati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekitar Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 02 Batu. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Ibrohim M.Si (II) Dr.Sueb M.Kes. Kata kunci pembelajaran inkuiri terbimbing lingkungan sekitar motivasi belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan wawancara dan observasi dengan guru Biologi kelas X MIPA SMAN 02 Batu diketahui guru menggunakan metode pembelajaran yang sama pada tiap pertemuan yaitu metode ceramah dan tanya jawab sehingga motivasi belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil pemberian angket pada awal siklus I yang menunjukkan motivasi masih kurang dan ketika pembelajaran berlangsung siswa masih ramai dan berbicara sendiri di luar materi pembelajaran. Pengumpulan tugas juga sering tidak tepat waktu. Hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari nilai ujian akhir semester dari 33 siswa kelas X.2 MIPA ada 65% siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Nilai KKM mata pelajaran Biologi di SMAN 02 Batu sebesar 75. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut ialah menerapkan model inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Biologi siswa. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 4 pertemuan dan Siklus II dilaksanakan 3 pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas X.2 MIPA SMAN 02 Batu yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 24 perempuan tahun ajaran 2013-2014. Materi yang diajarkan ekosistem. Data yang diambil dari penelitian ini (1) data motivasi belajar siswa yang diukur melalui lembar observasi dan angket motivasi (2) data hasil belajar kognitif yang diukur melalui rerata tes akhir siklus hasil belajar afektif yang diukur melalui lembar observasi afektif dan hasil belajar psikomotor yang diukur melalui lembar observasi psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui penemuan dan pengalaman secara langsung terhadap objek dan fenomena biologi menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Biologi siswa kelas X MIPA SMAN 02 Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item