Variasi morfologi tumbuhan suku solanaceae di Materia Medica Batu - Malang Jawa Timur / Selfi Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Variasi morfologi tumbuhan suku solanaceae di Materia Medica Batu - Malang Jawa Timur / Selfi Sri Wahyuni

Wahyuni, Selfi Sri (2014) Variasi morfologi tumbuhan suku solanaceae di Materia Medica Batu - Malang Jawa Timur / Selfi Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Selfi Sri. 2013. Variasi Morfologi Tumbuhan Suku Solanaceae di Materia Medica Batu-Malang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci variasi morfologi tumbuhan suku Solanaceae Materia Medica Batu-Malang Jawa Timur Solanaceae merupakan suku yang jumlah anggotanya banyak di Jawa terdiri dari 18 marga yang meliputi 64 spesies. Tumbuhan ini mempunyai nilai ekonomi yang penting yaitu meliputi sumber pangan tanaman obat dan sebagai tanaman hias. Berdasarkan hasil observasi selama Praktik Kerja Lapangan di Materia Medica Batu (MMB) diketahui bahwa tumbuhan suku Solanaceae ditemukan di MMB baik di kebun budidaya maupun tumbuh secara liar dimungkinkan masih ada jenis yang belum teridentifikasi. 12288 12288 12288 12288 Karakter morfologi merupakan informasi penting yang diperlukan dalam taksonomi dan merupakan dasar dari klasifikasi. Suku Solanaceae memiliki banyak variasi morfologi baik ditingkat marga maupun spesies. Adanya berbagai variasi morfologi menjadikan suku Solanaceae menarik untuk dikaji lebih lanjut. Tujuan penelitian untuk mengetahui variasi morfologi dan spesies-spesies yang termasuk tumbuhan suku Solanaceae yang terdapat di MMB. Jenis penelitian yaitu deskriptif eksploratif. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari-Juli 2012. Tahapan yang digunakan adalah observasi koleksi deskripsi identifikasi dan penyusunan kunci identifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tumbuhan Suku Solanaceae di MMB memiliki variasi morfologi pada perawakan batang yaitu penampang melintang permukaan warna dan arah tumbuh daun yaitu bangun bentuk ujung pangkal tepi bentuk irisan melintang tangkai tipe trikom permukaan dan venasi bunga yaitu tipe perbungaan irisan melintang tangkai perlekatan daun kelopak maupun mahkota benang sari putik serta variasi pada buah dan biji. Spesies dari suku Solanaceae yang ditemukan ada 12 spesies yaitu Brugmansia suaveolens (Humb. Bonpl. Ex Willd.) Bercht. Presl. Capsicum frutescens L. Datura metel L. var.alba Datura metel L. var.metel Lycopersicon lycopersicum (L.) Karsten. Physalis angulata L. Solanum aculeatissimum Jacq. Solanum capsicastrum Link. Solanum nigrum L. var.1 Solanum nigrum L. var.2 Solanum superficiens Adelb. Solanum verbascifolium L. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya variasi morfologi pada tingkat spesies diperkirakan bahwa masih terdapat spesies yang memiliki varietas tertentu. Untuk mengetahui varietas yang ada beserta variasinya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item View Item